Takut Tertipu Berbisnis Online? Inilah 4 Tips Menghindari Penipuan Bisnis Online


Takut Tertipu Berbisnis Online? Inilah 4 Tips Menghindari Penipuan Bisnis Online - Jual beli online sekarang ini bukan sesuatu yang asing untuk kita. Bahkan di Indonesia tercatat bahwa masyarakat sebagian besar telah melakukan transaksi online seperti berbelanja, booking tiket dan lain-lain. Ini juga lah yang memicu adanya kejahatan di dunia maya seperti penipuan bisnis online. Untuk melindungi diri kita sebagai konsumen, anda bisa menyimak tips menghindari penipuan bisnis online di bawah ini.

Baca Juga : Memahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

1. Jangan Tergiur Harga yang Murah
Perlu diketahui bahwa strategi pnipu dalam memancing korban adalah memberikan harga murah dengan barang mewah. Apabila anda akan berbelanja online, pastikan terlebih dahulu normalnya harga yang diberikan. Jika dirasa terlalu dibawah pasaran yang ada, maka anda patut untuk lebih berhati-hati atau sebaiknya menghindari.

Baca juga : Program Affiliate Terbaik di Indonesia yang Memberikan Komisi Besar

2. Simpan Semua Bukti Transaksi Online
Jika anda seringkali melakukan bisnis online, tentu bukan hal yang asing untuk mendapatkan bukti transaksi anda. Sebaiknya simpan dengan baik bukti tersebut. Agar lebih aman, anda bisa menyimpan bukti mulai dari percakapan baik melalui SMS, Sosial media maupun koneksi lainnya. Simpanlah sampai barang yang anda order sampai di tangan anda. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika anda menjadi korban.

Baca Juga : 7 Broker Forex Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

3. Jangan Berpatokan pada Testimoni
Hal yang sering dilakukan calon pembeli adalah melihat testimoni yang banyak dari suatu bisnis online. Tidak ada salahnya memang. Namun perlu anda ketahui bahwa hal ini tidak berlaku lagi sebab oknum penipuan sekarang juga sudah mengantisipasi hal tersebut. Mereka bisa memalsu atau membuat testimoni karangan untuk membuat anda yakin dalam berbisnis online.

Baca Juga : Tips Ampuh Dan Cerdas Berjualan Produk Di Instagram

4. Utamakan COD (Cash on Delivery)
Tips yang satu ini bisa dikatakan paling bisa menghindarkan anda dari penipuan bisnis online. Jika anda membeli sebuah barang, mintalah untuk bertransaksi secara COD. Mengapa demikian ? Ini akan membantu anda memastikan si penjual bukanlah penipu. Anda bisa mengecek langsung barang yang sudah anda beli.


Dengan perkembangan zaman yang secepat ini, semakin banyak pula kejahatan yang berkembang. Tidak ada salahnya melakukan langkah antisipasi agar tidak menjadi korban penipuan. Ingatlah tips menghindari penipuan bisnis online ini untuk melindungi anda sebagai konsumen.

Baca Juga : Cara Cerdas Mendapatkan Uang Dari Instagram

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah 6 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Aman Digunakan

TWD.WEB.ID Blog yang Membahas Berbagai Tutorial Terbaru